Allah tidak akan memberikan cobaan terhadap hambanya yang tidak menyanggupinya.

Cobaan atau takdir terhadap kita di ibaratkan ruangan tertutup yang di dalam nya terdapat berbagai macam takdir kita yang bisa kita hadapi, ada yang mudah, ada yang sedang, bahkan ada sulit menurut kadar kita. Semua tergantung diri kita mau pakai yang mana yang jelas kita tidak bisa keluar dari takdir atau ruangan tersebut.

 

Dalam surah Yusup ayat 67 : Dan Ya’qub berkata: “Hai anak-anakku janganlah kamu (bersama-sama) masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berlain-lain; namun demikian aku tiada dapat melepaskan kamu barang sedikitpun dari pada (takdir) Allah. Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah; kepada-Nya-lah aku bertawakkal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakkal berserah diri.”

Jalan apapun yang kita tempuh Allah tidak akan melepaskan kita barang sedikitpun dari pada takdir Allah. Kita tidak bisa keluar dari ruangan takdir tapi kita bisa memilih takdir yang lain bisa juga kita sebut qodo dan qodarnya Allah kembali kepada qodo dan qodarnya Allah. Bertawakal lah hanya kepada Allah dan jadikanlah shalat dan sabar sebagi penolongmu.

Surah Al Baqoroh ayat 45 : Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,